Renovasi Rumah Tua

Ini nih yang menarik , dalam merenovasi rumah yang sudah tua dibutuhkan kerja ekstra di dalamnya. Pekerjaan yang akan dilakukan dilapangan tentunya dintentukan oleh dari pemilik dengan mempertimbangkan ide / konsep yang akan dipilih. Mempertahankan bangunan lama yg bernilai seni / bersejarah atau merenovasi total dengan membongkar secara keseluruhan. Berikut ini yang biasa dikerjakan di lapangan :

1. Bongkar habis / meratakan
Jika opsi bongkar semua dan diratakan rumah tuas tersebut, maka pekerjaan ini sudah layaknya membangun rumah baru. Tetapi yang membedakan adalah kalau rumah baru dengan lokasi lahan kosong tanpa bangunan , kalau ini membongkar bangunan lama, membuang puingnya , memilah material bangunan yang masih bagus yang akan digunakan lagi.

2. Bersihkan seluruh area
Membersihkan area bangunan tidak cukup membongkar bangunan fisiknya saja , apabila bangunan rumah tua sudah lama , bertahun – tahun tidak berpenghuni, maka lokasi tersebut harus di check secara detail , dibersihkan dari mahkluk halus / hal – hal metafisik yang nantinya bisa menganggu penghuni baru. Jadi pembersihan lahan harus bener – bener menyeluruh.

3. Bangun Kembali
Membangun kembali dengan konsep yang dipilih , tentunya sama seperti pembangunan rumah baru mulai dengan perencanaan desain rumah , pemilihan material , penghitungan anggaran biaya dan pengaturan waktu serta target selesai.

alternative  lain :

1.  Apabila opsi mempertahankan bangunan lama, maka penting sekali adala check kekuatan bangunan / konstruksinya, bagian mana saja yang dipertahankan , bagian mana yang dibangun baru, pencatatan pekerjaan penting karena opsi ini biasanya mempertahankan nilai historis bangunan dan bangunan yang dibetulin akan memiliki tugas memunculkan nilai / aura dari bangunan tersebut, sehingga nilai seni , nilai sejarah dari bangunan tersebut muncul kembali.