Renovasi Rumah dengan Biaya Murah ? Ya Bisa

Renovasi Rumah dengan Biaya Murah ? Ya Bisa

Banyak yang tanya kepada kami , apa bisa pekerjaan renovasi itu berbiaya murah ? kan setiap periode waktu harga material bangunan dan upah tenaga juga naik terus , nggak mungkin turun lagi. Kadang mau lebaran barang pokok naik , harga material juga ikutan naik. Terus menunggu , lalu kapan mau renovasi kalau begini terus.

Agar dapat dijalankan dengan biaya murah , maka pahami dulu pengetahuan tentang cara renovasi rumah , supaya anggaran yang disediakan bisa maksimal. Kemudian pada saat renovasi berjalan, lakukan dengan disiplin dan segera evaluasi jika ada hambatan.

Ada beberapa poin sebagai pertimbangan agar merenovasi rumah bisa murah yaitu :

1.Skala Prioritas
Catat semua hal yang akan dikerjakan , pilih yang terpenting dahulu, baru yg terakhir pekerjaan tambahan apabila dana mencukupi. Dengan skala prioritas akhirnya pekerjaan renovasi bisa berjalan sesuai jenis pekerjaan dan dana yang disiapkan, sangat mudah. Jika ada dana lebih tinggal gunakan untuk prioritas berikutnya.Biasanya di lapangan kalau tanpa ada list pekerjaan, kita suka terlena antara banyak keinginan dengan pendanaan yang disiapkan , pada akhirnya membengkak dan kebingungan sendiri.

2.Barang Bekas
Menggunakan barang bekas belum tentu kelihatan murahan atau tak bernilai. Justru dengan sedikit perawatan dan trik yang cerdik , bisa menghemat pembiayaan lebih. Contoh misalnya kita menggunakan barang bekas dari property lain misalnya bongkaran hotel / apartemen, katakanlah beli produk toilet atau lampunya, dengan sedikit perawatan , barang tersebut kelihatan baru dan menarik sekali. Atau juga bisa menggunakan produk barang bermutu tetapi tidak terlalu populer di masyarakat , jarang dikenal mereknya , tapi nggak kalah kwalitasnya dengan merek yang sering ngiklan di TV misalnya , ini juga penghematan yang signifikan.

3.Pahami Rumus Dasar Renovasi: Buat Hitungan Volume Harga Pengerjaan
Ada banyak metode perhitungan budget renovasi seperti uraian terdahulu. Coba Anda cek satu persatu sebagai bahan perbandingan. Pilih metode yang paling hemat. Lakukan perhitungan anggaran terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Jika Anda disiplin dalam melakukan ini maka nilai bangunan  Anda akan maksimal, biaya hemat hasil terlihat bagus.Cara penghitungan biaya renovasi adalah dengan menyusun semua komponen pekerjaan mulai dari tahapan awal pembangunan sampai dengan tahapan penyelesaian pekerjaan. Komponen pekerjaan secara rinci misalnya pembersihan lahan, cut and fill, pagar pengaman, mobilisasi, dan demobilisasi, kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan sipil seperti pembangunan pondasi, sloof, kolom, dinding dan rangka penutup atap mempunyai komponen standar perhitungan biaya. Perlu diingat bahwa rincian komponen pekerjaan sangat fleksibel dan bisa berkembang kemana-mana, misalnya adanya penambahan dinding, plafond dan penutup atap, atau bisa juga  penambahan pekerjaan instalasi mekanikal, elektrikan, dan pumbling yang terdiri dari jaringan listrik, telepon, tata suara, udara, air bersih, dan saluran air kotor. Belum lagi pekerjaan halaman seperti jalan setapak, halaman, dan taman. Jika ini Anda ikuti, walhasil tak akan pernah tercapai anggaran yang sudah dibuat. Ingat, fokus ke skala prioritas dan biaya yang sudah ditentukan.

4.Rencana Anggaran Biaya
Dalam membuat perhitungan biaya bisa Anda lakukan sendiri seperti panduan yang sudah diberikan. Jika belum puas juga Anda bisa berkonsultasi pada ahlinya, bisa saja teman, tukang, atau konsultasi online di beberapa media penyedia layanan konsultasi bangunan secara online. Jangan lupa, pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan. Sebagai contoh cara menghitung besarnya komponen beton, bisa dilakukan dengan membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3), dikalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material per m3 @Rp/m3.

5.Pilih Jasa Tukang Bangunan atau Kontraktor yang bagus
Untuk memilih jasa yang bagus tentunya dibutuhkan usaha lebih , misalnya melihat kwalitas pekerjaannya di lapangan , berkonsultasi mengenai cara kerjanya , yang melayani konsultasi secara lengkap mulai dari perencanaan , desain , pengaturan jadwal kerja dan finishing.

Cari jasa yang menjangkau wilayah anda dan bisa diajak diskusi secara baik, kita dengan mudah bisa mencari banyak jasa rancang bangun di Internet. Lakukan kontak ke beberapa dan perbandingkan , bagia jasa yang baik akan antusias membantu dan menjelaskan secara transparan proses order / layanan mereka dengan jelas.

Lihat harga penawaran yang wajar , bagi jasa yg sudah terkenal bisa bertarif seperti layaknya selebritis , bagi yang belum terkenal bisa juga obral habis seperti pedagang asongan. Teliti, pelajari dan hati – hati. Jasa yg profesional pastinya akan terbuka melayani konsultasi di tempat anda atau di kantor mereka. Track record dalam usahanya juga menjadi pertimbangan.

6.Berhemat

Berhemat , fokus pada prioritas pekerjaan dalam kontrak kerja. Jangan lihat lagi majalah, tabloid atau tetangga kanan kiri yang mungkin justru menghambat proyek anda, dengan merasa iri lihat tetangga yg kaya , jadi ikutan beli bahan material seperti mereka, padahal dana tidak cukup. Jangan terjebak dalam kompetisi yang tidak sehat, pastikan bahwa rumah idaman anda saat itu adalah rumah yang akan di bangun seperti dalam kontrak, sehingga proyek tersebut berjalan dengan lancar.

Nah menarik kan ? Hubungi RRC Telp Kantor. 021 – 84903138 / WA 0812 8491 2240

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Website Protected by Spam Master