Renovasi Hemat Biaya? Ini Caranya!

 

Mau Renovasi Tanpa Biaya Berlebih ?

Memiliki rumah pribadi adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu, sudah sepatutnya rumah dirawat dengan baik agar fungsi nyaman dan aman tetap terjaga.

Saat kondisi atap tidak layak lagi dengan adanya dinding retak di beberapa ruangan atau talang air yang mulai bocor, ini menandakan sudah waktunya merenovasi rumah. Tak selalu soal kerusakan, renovasi juga dilakukan sebagian orang yang ingin memperluas ruangan, mengubah tata ruang atau memperbarui tampilan rumah.

renovasi rumah
renovasi rumah cepat

Berbicara mengenai renovasi yang terbayang di pikiran adalah biaya yang besar, namun dengan perencanaan dan langkah yang tepat hal tersebut dapat diatasi dengan baik. Berikut kami sarankan kepada anda yang mempunyi rencana untuk merenovasi rumah dengan bugdet minim:

1.Manfaatkan Struktur Lama

Usahakan menggunakan struktur bangunan yang sudah ada seperti kolom, balok, dan pondasi, sehingga tidak perlu membuat baru lagi. Pembuatan struktur baru akan memakan biaya dan waktu terutama bila memakai beton.

Akan tetapi jika terpaksa harus merancang struktur baru, maka disarankan untuk menggunakan material baja yang proses pembuatannya cukup singkat, sehingga ongkos tukang juga akan lebih hemat.

2.Perencanaan Budget

Dalam perencanaan membangun rumah budget plan adalah salah satu bagian terpenting. Anda tentukan terlebih dahulu karena tidak semua orang memiliki kemampuan anggaran yang unlimited. Budget plan sangat tepat buat anda yang dananya minim. Kemudian tentukan diawal jumlah dana yang akan kita keluarkan.

3.Jasa Arsitek

Gunakan jasa perencana atau arsitek meski bangunan rumah tak terlalu luas. Arsitek dididik dan dilatih secara profesional untuk merencanakan suatu bangunan termasuk rumah tinggal.

Sebagian pemilik rumah mungkin berpikir tarif jasa arsitek memerlukan bujet besar diluar alokasi anggaran renovasi. Namun perlu menjadi bahan pertimbangan, nilai jasa seorang arsitek tidak hanya mencakup keahliannya dalam merencanakan layout rumah sesuai keinginan klien.

Melainkan arsitek juga andal dalam memilih material tepat, mengawasi proses renovasi untuk memastikan bentuk bangunan tidak melenceng dari konsep, hingga mencegah pembengkakan anggaran yang disebabkan kesalahan tukang.

4. Luas Ukuran Rumah

Sebelum menentukan ukuran cari tahu di kota anda perkiraan biaya untuk membangun /m2 berapa. Mungkin bisa ditanyakan ke temen yang sedang membangun. sebagai informasi ketika saya membangun di januari – agustus 2011 biaya per m2 bangunan adalah 2.3 juta/m2 (material sudah bagus menurut saya, kusen + pintu Jati,american std, cat dulux, batu bata, tinggi lantai ke atap 4 meter, dll). misalkan biaya masih 2.3 juta/m2, maka ukuran bangunan yang akan kita bangun adalah 90 m2

5. Gambar Rancang Bangun

Apabila rencana anggaran sudah disiapkan selanjutnya anda memperkirakan bangunan seperti apa yang di inginkan (modern, minimalis, mediteranian). Browsing saja di internet dan cari gambar-gambar yang menarik sebagai patokan. Setelah dapat beberapa gambar, silahkan diskusikan dengan istri atau keluarga. Minta masukan mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis rumah tersebut

6 Mencari Tukang Rumah

Pencarian tukang ini biasanya lumayan sulit. tanyakan ke beberapa teman mengenai referensi tukang yang bagus. Terutama jika anda tidak punya waktu untuk mengawasi fulltime proses pembangunan rumah anda. cari tukang yang rajin, jujur dan capable (tukang batu, anyam besi, listrik, dsb) tentang tugasnya. Pastikan dia tetap bekerja walaupun sedang tidak anda awasi. cari tukang yang 1 paket dengan kepala tukangnya sebagai mandor. Semua tukang anda harus saling mengenal agar komunikasi pekerjaan berjalan dengan baik. Pemilihan tukang yang yang tidak baik akan membuat kacau proses pembangunan, rumah anda tidak sesuai gambar, dan tentunya biaya yang anda keluarkan menjadi jauh membengkak.

7.Berburu Material

Hal pertama yang harus anda cari adalah kusen + pintu. Perkirakan kusen sudah jadi ketika pondasi rumah anda selesai. Pemasangan kusen yang paling baik adalah bersamaan dengan pemasangan bata. Selanjutnya persiapkan material untuk memulai renovasi pembangunan pondasi (batu kali, batu bata, semen, besi, pasir, dsb). Cari toko material yang memberikan harga termurah disekitar kediaman anda. Selisih sedikit harga akan sangat berarti karena anda akan membeli terus menerus dalam jumah yang banyak. beli material untuk keperluan kurang dari 5 hari. apabila anda membeli material dalam jumlah yang sangat banyak sekaligus, selain masalah dalam penyimpanan, kualitas material tersebut juga akan berkurang terutama semen. sebagai tips dari saya untuk material pasir, batu kali, kayu, batu bata belilah di tempat khusus penjual tersebut. jangan membeli di toko material, biasanya untuk material tersebut kualitasnya kurang bagus ditoko material dan harganya pun sedikit lebih mahal jika membeli di toko material.

8. Material Bagus nan Ekonomis

Pilih material bangunan dan sanitair berkualitas bagus dengan harga ekonomis. Jangan mudah tergiur dengan brand ternama namun mutunya belum terjamin.

 

Kami sangat menyarankan untuk membeli material dengan merk yang sudah lama dijual di pasaran dan memiliki reputasi tinggi. Merk tersebut punya berbagai varian model mulai dari harga terendah hingga yang paling mahal.

 

Ingin tahu lebih banyak mengenai renovasi rumah? Kami siap membantu anda.

Hubungi ahlinya di 0812 8491 2240 (Surya)

 

 

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Website Protected by Spam Master